Senin, 02 Januari 2017

Cara Membuat Sitemap / Daftar Isi di Blog Dengan Mudah dan Otomatis

Sitempap atau Daftar Isi juga cukup baik dipasang di blog / website sahabat blogger sekalian. Fungsi Sitemap / Daftar isi ini untuk mempermudah pengunjung mencari materi yang mereka inginkan.

Sama seperti dalam sebuah buku, jika kita lihat lebih cermat lagi pasti kita melihat daftar isi pada sebuah buku, seperti buku pelajaran, novel ataupun yang lainnya. Karena adanya Daftar isi, pembaca jadi mudah mengetahui apa saja pembahasan yang ada dalam buku tersebut.

Jadi sama fungsinya seperti daftar isi buku, Meletakkan Sitemap pada sebuah blog membuat pengunjung mengetahui pembahasan yang ada dalam blog tersebut.

Yang terlihat dalam sitemap ini hanyalah judul artikel saja, dan semua artikel yang dibuat di POS bukan di Laman, jadi tulisan yang sempat kalian buat di Laman tidak akan terlihat pada Sitemap.

Cara Membuat Sitemap / Daftar Isi di Blog Dengan Mudah dan Otomatis

Sekarang untuk membuat Sitemap /Daftar isi di Blog, saya akan memberikan tutorial mudahnya. Sebelum itu kalian harus masuk ke akun blogger kalian dan membuat Laman baru dengan judul Sitemap / Daftar Isi.

Setelah itu kalian copy kode dibawah ini dan pastekan di HTML. 

<script src="https://sites.google.com/site/script4shared/sitemap.js"></script><script src="https://deretaninformasi.blogspot.co.id/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script>

Jika kode di atas tidak bisa di copy, kalian ambil kodenya disini >> AMBIL KODE SITEMAP << Selain itu, ingat untuk ganti tulisan warna biru di atas dengan alamat URL blog anda.

Bagi anda yang masih bingun tentang meletakkan Terms Of Service ( TOS )  yang di copy paste tadi di HTML, bisa lihat gambar jelasnya dibawah ini :

Cara Membuat Sitemap / Daftar Isi di Blog Dengan Mudah dan Otomatis

Setelah copy paste kode tersebut dalam sebuah laman baru, ingat untuk simpan / publis laman tersebut. Sebelumnya kalian juga bisa lihat hasilnya sebelum di publis untuk memastikan tampilan sitemap yang kalian inginkan. Caranya Klik Pratinjau yang ada di dekat kata publis.

Untuk penamilan blog lebih terlihat profesional maka seharusnya kalian meletakkan Sitemap untuk mempermudah pembaca mencari materi yang berhubungan dengan artikel sebelumnya / memang yang mereka cari.

Sebenarnya tidak hanya sitemap yang bagus diletakkan pada sebuah Laman, kalian juga sebaiknya meletakkan Disclaimer, Privacy Policy, Contact Us, About Blog, dan Terms of Service ( TOS ). Selain itu, penambahan sitemap juga menjadi nilai tambah saat kita akan mendaftarkan blog ke google adsense. Jadi blog terlihat lebih profesional dan siap untuk didaftarkan.

Untuk cara daftar yang lainnya kalian bisa baca artikel dibawah ini, bisa langsung di klik menuju pembahasan sesuai judul.
Tambahan : Jika saat di save / di publis mengalami error / tanda merah dengan tulisan Laman ini berisi sumber daya HTTP yang dapat menyebabkan konten campuran memengaruhi keamanan dan pengalaman pengguna jika blog dilihat melalui HTTPS. maka yang harus kalian lakukan adalah edit kode sitemap tadi pada bagian URL Blog sobat yang awalnya http:// jadikan https:// ( hanya perlu tambahkan huruf s ).

Share this

0 Comment to "Cara Membuat Sitemap / Daftar Isi di Blog Dengan Mudah dan Otomatis"

Posting Komentar