Senin, 03 April 2017

Tempat Wisata Air Terjun Yeh Empel / Pengibul di Bangli Bali

Objek wisata air terjun yang ada di kabupaten bangli, Desa Apuan cukup banyak, diantaranya air terjun Tibumana, dan air terjun Tirta Payuk dan juga air terjun pengibul / sering juga disebut sebagai air terjun yeh empel. 


Karena ada beberapa objek wisata air terjun di bangli, untuk artikel ini saya akan khusus membahas objek wisata Air Terjun yeh Empel atau Yeh Empel Waterfall dan nama lainnya Air Terjun Pengibul atau Pengibul Waterfall.

Objek wisata ini sebenarnya sudah ada sejak lama, dan air terjun pengibul mulai populer dan terkenal pada tahun 2015, sama dengan air terjun tirta payuk dan air terjun tibumana. Jadi pada saat itu banyak sekali anak muda bali yang suka explore tempat-tempat tertentu di sekitar mereka untuk mencari tempat-tempat bagus dan indah untuk diperkenalkan dan dijaikan objek wisata baru yang wajib dikunjungi.

Tempat Wisata Air Terjun Yeh Empel / Pengibul di Bangli Bali
Tempat Wisata Air Terjun Yeh Empel / Pengibul di Bangli Bali

Jadi objek wsiata air terjun yeh empel / pengibul ini terbilang objek wisata baru yang tentunya sangat menarik untuk dikunjungi / jelajahi. Dan bagi kalian yang penasaran dan ingin mengunjungi objek wisata air terjun pengibul ini, alamat / lokasinya berada di perbatasan gianyar dan bangli. Tepatnya di Desa Apuan, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli, Bali, Indonesia.

Di sana kalian bisa melihat keindahan air terjun pengibul yang masih asri. Ada banyak pepohonan liar tumbuh di sekitarnya, air terjun terlihat bertingkat karena ada tahapan airnya mengalir. Untuk tingkatan pertama air terjunnya cukup besar dan deras, dibawahnya juga terdapat genangan yang bisa dijadikan kolam untuk berenang. 

Sedangkan tingkatan ke 2 airnya cukup kecil dan tidak tinggi. Di tingkatan ke 2 tidak terlalu bagus bahkan kalian tidak bisa mandi di sana. Jadi kalian hanya memiliki tempat berenang yang bagus padang air terjun tingkat pertama.

Tempat wisata air terjun yeh empel / pengibul ini juga bisanyanya digunakan untuk melaksanakan upacara keagamaan. Selain itu, tempat wisata ini juga akan segera ditutup saat turun hujan. Itu disebabkan karena medan yang digunakan untuk menuju air terjun pengibul akan semakin sulit dan berbahaya. 

Kita juga harus melewati beberapa tangga yang hanya terbuat dari susunan tanah. Jadi disaat turun hujan, medan yang ada di sana akan sangat licin dan berbahaya. Dan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan, kepeleset ataupun yang lain-lainnya, maka tempat ini ditutup sementara saat turun hujan. 

Nah, bagi kalian yang ingin berkunjung ke objek wisata air terjun pengibul, kalian bisa berwisata di tempat ini mulai dari jam 09.00 sampai 18.00 Wita. Jadi kalian juga tidak boleh melebihi batas waktu yang ditentukan agar saat pulang tempat in masih aman dan tidak menyeramkan.

Jadi itulah beberapa penjelasan yang bisa saya sampaikan tentang Tempat Wisata Air Terjun Pengibul Yeh Empel di Bangli Bali. Semoga saja penjelasan yang ada di sini cukup membantu, dan untuk kalian yang ingin berkunjung ke objek wisata air terjun yeh empel / pengibul ini, kalian bisa mengatur waktu yang pas, sebagai contoh waktu yang pas saya maksud adalah, disaat hari libur nasional / hari libur besar di bali, tempat ini sangat ramai, tapi jika di hari biasa mungkin agak sepi. Jadi silahkan tentukan waktu liburan terbaik kalian. 

Dan untuk pesan tambahan, saya sarankan untuk berhati-hati saat menuju lokasi objek wisata,karena medan yang cukup curam dan fasilitas yang masih kurang dan masih sangat sederhana.

Sumber : mentaribaliholiday.com

Share this

0 Comment to "Tempat Wisata Air Terjun Yeh Empel / Pengibul di Bangli Bali"

Posting Komentar