Rabu, 05 April 2017

Tempat Wisata Air Terjun Tibumana di Bangli Bali Indonesia

Jalan-jalan ke pulau dewata bali belum lengkap rasanya jika kita belum mengunjungi objek wisata alamnya. Nah, untuk itu saya ingin merekomendasikan objek wisata alam yang ada di pulau dewata bali yaitu objek wisata air terjun Tibumana atau nama lainnya Tibumana Waterfall.

Air terjun ini lokasinya berada di Lokasinya berada di Banjar Bangun Lemah Kawan, Desa Aquan, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli, Bali, Indonesia. Jadi kalian harus berkunjung ke kabupaten bangli untuk mencari air terjun Tibumana ini.


Tempat Wisata Air Terjun Tibumana di Bangli Bali Indonesia
Tempat Wisata Air Terjun Tibumana di Bangli Bali Indonesia
Selain air terjun Tibumana, ada juga air terjun tirta payuk dan juga air terjun yeh empel atau sering disebut air terjun pengibul. Karena lokasi ke 3 air terjun ini berdekatan, maka kalian bisa langsung berkunjung ke semua air terjun yang ada di desa Aquan dalam 1 hari perjalanan wisata.


Untuk pembahasan keindahan air terjun Tibumana, sebenarnya air terjun ini kadang-kadang terlihat seperti air terjun kembar. Orang-orang menyebutnya air terjun ini kembar karena ada dua aliran air terjun yang mengalir secara berdampingan dalam satu tempat. Jika dilihat-lihat ke 2 aliran airnya memang mirib. Jadi pantas saja orang-orang menyebut air terjun ini sebagai air terjun kembar. 

Tapi tidak selalu memperlihatkan 2 air terjun, kadang-kadang salah satu air terjunnya yanga da di sana berhenti mengalir. Kadang juga yang satunya masih deras, sedangkan yang satunya lagi airnya tipis. Jadi debit air terjun tidak menentu, dan bisa menjadi lebih deras lagi saat musim hujan tiba.

Di sekitar air terjun Tibumana kalian juga bisa melihat banyak pepohonan hijau yag tumbuh sangat subur dan lumut-lumut yang menempel pada dinding-dinding tebing. Air terjun Tibumana ini memiliki ketinggian kurang lebih mencapai 20 meter. 

Dan di belakang air terjun Tibumana juga dikatakan terdapat goa. Goa yang ada di belakang air terjun Tibumana itu juga dipercaya warga sebagai salah satu jalan pintas menuju Pura Goa Raja Besakih. Tapi apakah kalian percaya dengan kepercayaan asyarakat tersebut ? Silahkan kunjungi dan buktikan apakah benar terdapat goa atau tidak di tempat wisata air tejun Tibumana.

Selain itu objek wisata ini juga masih terbilang cukup baru populer di tahun 2015 lalu, sama seperti objek wisata air terjun  tirta payuk dan juga air terjun yeh empel atau sering disebut air terjun pengibul. Ke tiga air terjun ini sangat cocok dikunjungi bagi kalian yang suka tempat wisata yang masih asri dan alami. Karena masih alami, untuk fasilitas yanga da di air terjun Tibumana masih sangat terbatas dan sederhana, tapi sekarang ini sudah ada wantilan / tempat bersistirahat di dekat objek wisata air terjun tibumana, selain itu kalian juga akan melewati jembatan bambu yang sangat sederhana sebelum sampai ke lokasi air terjun Tibumana.

Nah bagi kalian yang berminat mengunjungi tempat wisata air terjun Tibumana, silahkan ajak teman, sahabat, keluarga atau pacar sekaligus unutk menghabiskan waktu liburan di tempat wisata air terjun Tibumana. Kalian bisa cari waktu yang pas untuk mengunjung objek wisata ini, jika kalian mengunjungi pada saat hari libur nasional / hari libur besar di bali seperti menyambut hari raya manis galungan dan manis kuningan maka tempat ini sangat ramai, tapi jika di hari-hari bisa tempat wisata air terjun Tibumana cukup sepi.

Jadi bagi kalian yang suka berkunjung ke objek wisata alam yang sepi silahkan kunjungi di hari-hari biasa, sedangkan bagi kalian yang takut dengan tempat sepi dan suka keramaian silahkan kunjungi pada saat hari libur.

Sumber : mentaribaliholiday.com

Share this

1 Response to "Tempat Wisata Air Terjun Tibumana di Bangli Bali Indonesia"

  1. Cocok nih sebagai destinasi wisata favorit. Kapan kapan saya akan kesana

    BalasHapus