Rabu, 28 September 2016

API Google Feed Akan Dihentikan Penggunaannya, Apa Blog Akan Terhapus dan Tidak ada Lagi ?

Sahabat blogger deretan informasi, hari ini saya mendapatkan kejutan dari google. Apa kabar yang saya dapatkan ? Ini adalah kabar buruk untuk kita semua. Kabarnya seperti ini :

Baru-baru ini kami mengumumkan bahwa API Google Feed akan dihentikan penggunaannya. Sebagai akibatnya, gadget Rangkai Slide tidak akan berfungsi lagi, dan kami akan menghapusnya dari blog Anda selambatnya tanggal 29 September 2016.

API Google Feed Akan Dihentikan Penggunaannya 29 September 2016, Apa Blog Akan Terhapus dan Tidak ada Lagi ?

Apa kalian mendapatkan pemberitahuan API Google Feed Akan Dihentikan ? Mungkin ada yang mendapatkan dan ada juga yang tidak mendapatkan. Saya tadi iseng-iseng cek blog yang tidak pernah di gunakan, tiba-tiba ada pemberitahuan seperti itu, sedangkan blog yang sering saya gunakan tidak mendapatkan pemberitahuan seperti itu.

Dan bahkan hari terakhirnya adalah sekarang dan mungkin kabar ini beredar sejak beberapa bulan yang lalu. Kebetulan saya baru menyadarinya pas di tengah malam tanggal 29 September 2016 saat itu juga. Saya sempat mencari tau informasi lengkapnya dan langsung saja menuliskannya dalam sebuah artikel.

Ada banyak blogger yang sangat cemas dengan keputusan ini, jelas saja karena API ini sangat penting fungsinya untuk blog kita. Jika terhapus dan tidak berfungsi lagi, nasib blog kita akan jadi bagaimana ? Saya tidak tau apa-apa tentang pemberitahuan itu. Bahkan saya tidak tau cara unuk mengatasinya. 

Tidak ada yang tau, mereka semua pasrah dan saling berkomentar tentang kecemasan dan keburukan yang akan di alami oleh blog mereka. Jika kalian ingin mengetahui informasi lengkapnya silahkan menuju link ini ( announcing turndown of google feed api ).

Kebanyakan yang berkomentar di sana adalah bule dan menggunakan bahasa inggris. Mungkin sedikit blogger Indonesia yang mendapatkan pemberitahuan ini, atau memang tidak terlalu mengerti dengan pemberitahuan itu dan mengabaikannya.

Ok, untuk saat ini hanya itu yang mau saya sampaikan di sini. Saya ingin melihat kelanjutan dan dampak yang akan dihasilkan setelah API ini dihilangkan. 

Semoga saja kita masih bisa ngeblog seperti sebelum-sebelumnnya dan tidak terlalu mendapatkan dampak buruk. :(

Saya tidak tau harus melakukan apa lagi, sudah kerja keras belajar nge-blog setahun, dan sekarang sudah mulai sedikit mengerti dunia blogging. Tapi malah ada kabar buruk, entah itu emang kabar buruk atau tidak, karena saya kurang begitu paham juga tentang fungsi API. 

Apakah hanya rangkaian slide yang tidak berfungsi lagi ? dan foto-foto kita semua di google akan terhapus, musnah dan hilang begitu saya. Kita tunggu saja di hari H nya ...

Kemungkinan resiko / dampak yang akan terjadi :
API feed yang dihapus / dihentikan ini berdampak pada artikel baru. Kemungkinan dampaknya tidak terlalu besar, tapi akan berdampak besar bagi AutoBlog dan Blog-blog AGC, karena mereka tidak lagi mendapatkan umpan di situs-situs agregator yang berada di internet.

Tag :
Google API Dihapus
API Google Dihapus

Share this

0 Comment to "API Google Feed Akan Dihentikan Penggunaannya, Apa Blog Akan Terhapus dan Tidak ada Lagi ?"

Posting Komentar