Rabu, 07 September 2016

Akun Google / Gmail Ditangguhkan, Blog Terhapus atau Tidak ?

Kali ini saya akan sedikit curhat dengan pengalaman saya tentang akun google / gmail yang ditangguhkan dan tentunya saya akan memberikan tips untuk mengatasi masalah ini.

Kegunaan dan Fungsi Memiliki Akun Google / Gmail

Bagi sobat yang suka berselancar di dunia maya atau dunia online dan suka mencari informasi online tentunya sangat disarankan untuk mempunyai akun google / gmail. Akun ini yang akan kita gunakan untuk mendaftar ke media sosial seperti Facebook, Twitter, Google + dan lain-lainnya, bisa juga digunakan untuk mengakses Google Playstore di android. Dan yang paling saya sukai adalah untuk membuat blog sampai akhirnya saya bisa membuat tulisan ini di internet. Tidak hanya itu, ada banyak sekali fungsi akun Google / Gmail kalian. 

Maka dari itu akun Google / Gmail ini sangat penting sekali kita miliki untuk mempermudah kita dalam berselancar di dunia online. Tapi bagaimana jika akun Google / Gmail kita ditangguhkan ? Apakah semuanya tidak bisa di akses lagi ? Dan bagaimana cara memulihkan akun google kita tersebut ?

Akun Google / Gmail Ditangguhkan, Blog Terhapus atau Tidak ?

Cara agar Akun Google / Gmail Tidak Ditangguhkan

Untuk menjawab hal ini saya akan memberikan saran untuk mengantisipasi hal tersebut. Jika kalian tidak ingin akun google kalian ditangguhkan, ingat untuk selalu melengkapi identitas diri atau biodata diri. Jangan hanya di buat tapi didiamkan saja, luangkan waktu untuk menggunakan akun tersebut seperti mencari teman di Google+, Membuat akun Facebook, Twitter dan lain-lain. Ingat juga memasukkan no telepon untuk berjaga-jaga saat akun anda ditangguhkan, itu karena saat akun di tangguhkan kita diharuskan membuka akun dengan kode verifikasi Google yang di kirim ke handphone. 

Ingat untuk menggunakan no yang aktif dan selalu akan aktif, karena sewaktu-waktu saat kalian lupa dengan password akun google, no handphone akan sangat dibutuhkan untuk mengubah ulang sandi. Selain itu kalian juga bisa memasangkan E-mai pemulihan. Jadi di saat akun yang satunya sedang di tangguhkan, kalian juga bisa menggunakan email pemulihan untuk mengaktifkannya lagi.

Cara Mengaktifkan Akun Google / Gmail yang Ditangguhkan / Dinonaktifkan

Saat 1 akun google ditangguhkan, maka email pemulihan juga akan mendaptkan kiriman, bahkan saat ada orang yang ingin mencoba masuk ke akun google kalian atau istilahnya hack akun, maka akun pemulihan akan mendapatkan email. Di email tersebut akan berisikan informasi tentang penangguhan email yang terkait, disana juga ada pemberitahuan untuk segera masuk ke akun gmail yang ditangguhkan / dinonaktifkan. Pada saat itu kalian akan disuruh memasukkan no HP yang terdaftar, jika tidak bisa coba gunakan no HP lain. Saat saya mencoba, saya hanya mengguanakan No HP yang terdaftar.

Tapi jika kalian tidak bisa masuk karena no HP tidak diterima, jalan satu-satunya adalah ajukan banding. Di email pemulihan sudah ada terkirim tempat menghubungi google untuk banding. Tapi jika kalian tidak sempat mencantumkan email pemuliahn dan tidak tau harus mengajukan banding dimana, silahkan kunjungi ini ( Tempat Informasi Akun Google Dinonaktifkan dan Ajukan Banding ).

Meletakkan email pemulihan juga sangat penting untuk orang-orang yang memiliki blog, minimal mereka harus memiliki 2 akun untuk blog tersebut. Menempatkan 2 admin dalam satu blog juga akan sangat berguna untuk keamanan blog tersebut. Tapi seharusnya ke 2 akun google tersebut harus di Verifikasi 2 langkah untuk bisa benar-benar aman agak susah untuk di hack orang lain.

Untuk sobat blogger yang akun googlenya ditangguhkan jangan panik dulu, data-data yang ada masih tersimpan, bahkan blog yang kalian buat masih ada. Kalian hanya perlu mengaktifkan akun kembali dan permasalahannya beres dan akhirnya akun kembali seperti semula. Jadi sebelum terlambat sebaiknya menempatkan 2 admin sebagai cadangan, karena kita bisa menyelamatkan blog dan akan bisa mengajukan banding ke google seandainya kita tidak bisa masuk ke akun tersebut.

Share this

2 Responses to "Akun Google / Gmail Ditangguhkan, Blog Terhapus atau Tidak ?"

  1. Balasan
    1. ajukan banding gan. itu kalau memang gak ada cara lain. tapi pas saya mengalami hal ini gak sampai ajukan banding, pas itu saya cuma masuk lewat akun pemulihan.

      Hapus