Selasa, 30 Agustus 2016

Faktor Penyebab Rambut Rontok dan Cara Alami Mengobati Rambut Rontok

Rambut rontok banyak di alami oleh hampir semua orang, bahkan ada masa setiap orang akan mengalami rambut rontok. Mereka dominan mengalaminya di masa remaja dan dewasa. Setiap hari saat menyisir rambut kita kerap kali menemukan rambut kita tersangkut di sela-sela sisir. Jika mengalami kerontokan berlebih, hal ini dapat menyebabkan kebotakan jika tidak ditanggulangi dari sekarang.

Faktor Penyebab Rambut Rontok dan Cara Alami Mengobati Rambut Rontok

Kerontokan rambut sangat sering dialami oleh kebanyakan wanita. hal ini sangat ditakuti karena bagi wanita rambut adalah mahkota yang harus di jaga. Mempunyai rambut yang lebat,kuat dan indah adalah impian setia orang. Oleh karena itu mari kita jaga kesehatan rambut kita dengan mengetahui faktor penyebab dan cara mengatasinya.

Faktor-faktor Penyebab Rambut Rontok
  1. Menggunakan pelurus rambut, menggunakan alat bantu untuk mengubah bentuk rambut sangatlah berbahaya bagi kesehatan rambut. walaupun kita bisa merubah bentuk rambut sesuai dengan yang kita inginkan, tapi akan berdampak kerontokan parah pada rambut jika tidak dijaga.
  2. Menggunakan Hairdryer, pengeringan rambut secara tidak alami dengan bantuan hairdryer akan membuat rambut rontok, karena panas yang di keluarkan oleh hairdryer membuat rambut kering dan lebih mudah rontok.
  3. Pewarna, Pewarna rambut memang mebuat tampilan rambut kita lebih indah, pewarna rambut mengandung bahan kimia yang dapat merusak rambut.
  4. Penggunaan ikat rambut, mengikat ramut dengan kencang dan terus menerus dapat memberikan tekanan berlebih pada folikel rambut, hal ini dapat menimbulkan kerusakan rambut dan dikawatirkan rambut yang rusak tidak dapat tumbuh kembali.
  5. Keadaan stres, mengalami stres juga dapat mengakibatkan rambut rontok dan menipis. Hal ini sering dialami oleh kebanyakan pria. Saat mereka mengalami stres prosuksi hormon testosteron dan dehidrotestosteron akan meningkat dan meresap pada batang rambut.
  6. Obat-obatan, obat-obatan yang mengandung bahan kimia sering memberikan efek pada rambut.
  7. Merokok, selain merusak organ dalam tubuh seperti jantung dan paru-paru kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan kerontokan rambut di karenakan sirkulasi pada pembuluh darah tidak lancar sehingga produksi darah ke folikel rambut terhambat.
  8. Jarang keramas, jarang keramas akan berdampak banyaknya jamur yang tumbuh di kepala. Jamur yang menumpuk menyebabkan folikel rambut tersumbat.
  9. Seringnya keramas, sering keramas dapat menurunkan produksi minyak alami rambut yang menyebabkan rambut jadi kering dan mudah rontok.
  10. Mandi air panas, mandi air hangat dapat membuat pori-pori kulit kepala mengering dan menurunkan produksi minyak alami rambut.
  11. Saat hamil, saat hamil wanita akan nampak lebih buruk karena telogen effluvium menyebabkan rambut menjadi rontok. Biasanya akan muncul 3 blan setelah melahirkan.
  12. Menggaruk kepala, seringnya menggaruk-garuk kepala yang ditimbulkan oleh rasa gatal akan merusak kutikula yang akhirnya dapat menyebabkan kerontokan rambut.
  13. Terapi radiasi dan kemoterapi, pengobatan kanker yang menggunakan terapi radiasi dan kemoterapi dapat menyebabkan rambut rontok.
  14. Gangguan kulit, gangguan kulit seperti lichen planus mengakibatkan rambut rontok secara permanen di bagian bekas luka.

Untuk mengatasi masalah yang menyebabkan kerontokan rambut bisa mengikuti langkah-langkah berikut :

Aktifitas Kesehatan untuk Mengurangi Rambut Rontok
  • Jangan menggunakan bantuan alat perawatan rambut secara tidak alami. hindari penggunakan catok rambut, pewarna rambut dan hairdryer.
  • Jangan sering menggaruk-garuk kepala, atasi kepala yang gatal dengan pemilihan shampo yang pas.
  • Jangan malas keramas dan jangan terlalu sering keramas. Minimal 3 hari sekali.
  • Jangan mengikat rambut terlalu kencang.
  • Jangan mengikat rambut saat keadaan basah.

Resep Herbal Alami Mengobati Rambut Rontok

Resep 1 :
Anda bisa menggunaka tanaman lidah buaya. Ambil gel lidah buaya dan oleskan ke rambut. Setelah itu pijat rambut secara perlahan dan diamkan selama 15 -20 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini minimal 2-3 kali dalam seminggu.

Resep 2 :
Oleskan madu pada kulit kepala dan rambut dengan diiringi pemijatan secara perlahan selama 10 menit. Lakukan perawatan ini minimal 2 kali dalam seminggu.

Resep 3 :
Campurkan 2 sendok makan minyak zaitun dengan 1 sendok makan minyak kelapa, aduk rata dan balurkan ke kulit kepala. Lakukan pemijatan ringan, gunakan handuk untuk membungkus kepala dan diamkan selama 4 jam. Setelah 4 jam lakukan pembilasan rambut menggunakan shampo

Resep 4 :
Jeruk nipis cuci bersih iris 3 sampai 4 bagian. Oleskan airnya pada kulit kepala sampai merata. Gunakan handuk untuk membungkus kepala dan diamkan semalaman. Lakukan keramas keesokan harinya. Lakukan 3 kali seminggu.

Resep 5 :
Daun mangkoan tua yang masih segar secukupnya, dicuci bersih dan digiling hingga halus. tambahkan sdikit minyak kelapa dan di aduk rata. Kemudian saring dan peras. Hasilnya dioleskan pada kulit kepala sambil lakukan pemijatan ringan. Biarkan mengering dan bersihkan. Lakukan perawatan ini setiap hari.

Share this

0 Comment to "Faktor Penyebab Rambut Rontok dan Cara Alami Mengobati Rambut Rontok"

Posting Komentar